Bismillah


BERSIH, PEDULI, PROFESIONAL

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Thursday, November 11, 2010

Gratis, Program Kejar Paket A, B, dan C di Kota Depok mulai digelar

Ada hadits pendek namun sarat makna, dikutip Imam Suyuthi dalam bukunya Al-Jami’ush Shaghir. Bunyinya, “Khairun naasi anfa’uhum linnaas”, artinya sebaik-baik manusia adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain. Orang yang selalu menebar kebaikan dan memberi manfaat bagi orang lain adalah sebaik-baik manusia. Untuk bisa menjadi orang yang banyak memberi manfaat kepada orang lain, kita perlu menyiapkan beberapa hal dalam diri kita.

Pertama, meningkatkan derajat keimanan kita kepada Alloh, lalu yang kedua adalah agar mampu memberi manfaat yang banyak kepada orang lain tanpa pamrih, kita harus mengikis habis sifat egois dan rasa serakah terhadap materi dari diri kita. Ketiga, tampakkan dalam diri kita logika bahwa sisa harta yang ada pada diri kita adalah yang telah di berikan kepada orang lain, bukan yang ada dalam genggaman kita. Selanjutnya yang keempat kita akan mudah memberi manfaat tanpa pamrih kepada orang lain jika di benak kita ada pemahaman bahwa sebagaimana kita memperlakukan seperti itu jugalah kita akan diperlakukan, dan yang terakhir untuk bisa memberi, tentu anda harus memiliki sesuatu yang diberi. Maka dari itu, sebuah pendidikan atau menuntut ilmu amatlah sangat penting dan berguna dalam kehidupan bersosial ini. Nabi Muhamad pernah bersabda “Tuntutlah ilmu meski sampai ke negeri  China”, agar menjadi insan yang bermutu dalam segala hal bidang, penulis jadi teringat dengan motto dalam manajemen sumber daya manusia yaitu, menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat atau the right man on the right place.
 
Baru-baru ini Depok sedang melangsungkan program kejar Paket A, Paket B dan Paket C secara cuma-cuma alias gratis yang diperuntukkan kepada warga Depok. Sang Walikota Depok kita inilah, Bapak Nurmahmudi Ismail yang memberikan amanahnya kepada kami, para kader Curug, Cimanggis, Depok untuk mensukseskan program pendidikan ini. Seperti dalam Surat Al Anfal : 27 menyebutkan, bahwa seseorang tidak boleh berkhianat dalam menunaikan amanahnya padahal mereka adalah orang yang mengetahui. Demikian juga dalam Surat An Nisaa : 58, Allah menyatakan: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat. Dalam kedua ayat diatas menyampaikan agar amanah di jalankan dan sampai kepada yang berhak menerimanya bermaksud memberikan amanat kepada ahlinya.

Tujuan dari amanah yang diberikan Bapak Nurmahmudi kepada kami ini adalah mengupayakan swadaya warga masyarakat dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sejak dini, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi warga masyarakat sekitar agar memperoleh pendidikan setara SMA melalui jalur non formal.

Sarana dan prasarana untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar ini di tempatkan pada sebuah lembaga Yayasan Nurussa’adah, yang beralamatkan di Jl. Gas Alam No. 08 RT 03/07 Curug, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Pendekatan pendidikan yang digunakan adalah metode approach, program kesetaraan yang bersifat induktif, konstruktif, tematik dan berbasis lingkungan. Seperti proses belajar di dalam dan di luar kelas. Juga menerapkan metode androgogik. Tujuan dari 2 metode ini adalah untuk mengejar ketertinggalan semua mata pelajaran.

Prgram Keaksaraan Fungsional di PKBM ”Nurussa’adah” disusun secara mandiri berdasarkan hasil analisa di lapangan karena belum ada kurikulum baku dari dinas pendidikan kabupaten dan dinas pendidikan provinsi. Begitu pula dengan Strategi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keaksaraan pada masing-masing kelompok, disusun secara mandiri oleh penyelenggara.

Program Pembelajaran Kegiatan belajar-mengajar keaksaraan fungsional dilaksanakan selama 6 bulan. Setiap kelompok dibimbing 1 (satu) orang tutor dan 1 (satu) orang penyelenggara. Materi kegiatan adalah Calistung, Pengetahuan Dasar dan Bahasa Indonesia. Untuk bekal keterampilan warga belajar, dilaksanakan pula materi kegiatan keterampilan hidupnya, yaitu membuat kerajinan yang bisa digunakan sendiri serta bisa dipasarkan yaitu Metode andragogi dan pemecahan masalah.

Jadwal kegiatan dilaksanakan sebanyak 2 hari dalam satu minggu dengan 1 kali pertemuan sebanyak 4 jam pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan warga belajar dalam mengikuti program Keaksaraan Fungsional. Juga untuk menghindari bentrok dengan ativitas keseharian mereka. Selalu ada evaluasi pembelajaran yang dilakukan dalam setiap akhir pembelajaran, bulanan dan akhir program. Tata tertib pun diberlakukan sama halnya dengan pendidikan formal. Agar insan Alloh ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Semoga Alloh memudahkan tanggung jawab kami ini dengan sebaik-baiknya serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten dan berakhlak islami. Amin Allohumma Amin.

7 comments:

  1. Anonymous8:58 AM

    bagus sekali programnya bro... tp sayang lumayan jauh dari tempat tinggal kami... yg deket2 kelapa dua (brimob) ada ga ya?

    jzk
    yayat

    ReplyDelete
  2. Insya Allah, kami sedang akan mengajukan 4 program ini di empat Kecamatan yang berbeda. Jika anda berada di Kecamatan yang dimaksudkan, silahkan datang ke DPRa PKS terdekat atau hubungi kami di dprapkscurug@gmail.com.
    O iya, di dalam daftar warga peserta didik dan tutor PKBM yang sedang kami gagas ini, ada beberapa orang yang datang bukan dari wilayah Curug saja.
    Subhanallah, azzam mereka untuk belajar dan mengajar tidak lekang oleh jarak dan waktu. Sekedar informasi, program ini digagas sebagai kelanjutan dari 8 janji Pasangan Nur Berkhidmad untuk pendidikan gratis. Karena, selama ini Pendidikan Kesetaraan di Depok dan sekitarnya juga memakan biaya yang tidak sedikit.
    Jadi, ini adalah usaha kami untuk menjembataninya. Mohon Do'a dan dukungannya.

    ReplyDelete
  3. dewi hartini8:55 AM

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Saya ingin mendaftarkan asisten rumah tangga saya untuk kejar paket B, usianya 16 tahun dan hanya lulusan SD. Daerah rumah saya didaerah cimanggis.
    Bisa mohon informasinya, jadwal sekolahnya ada sabtu atau minggu tidak.

    Ada no telpon yang bisa saya hubungin untuk pendaftaran lebih lanjut.

    ReplyDelete
  4. 081314785051 Sdr. Irfan Nuryadin

    ReplyDelete
  5. Apa masih d buka pendaftaran untuk hari ini ?? Saya mau daftar paket C.

    Trimakasih

    ReplyDelete
  6. Curug nya dimana pak ? Saya mau daftar

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum ,,,afwan Pak mo tanya untuk maslh biaya'a, ,,brp y

    ReplyDelete

***Ur CoMmEnT...SyuKron...Jazakumullah***
Komentar Anda Adalah Semangat Untuk Kemajuan Kami

DPRa Curug Berbagi Kasih Sayang dalam Khitanan Massal

SEMINAR "INTERNET SEHAT"

TEMU TOKOH, SETYA BHAKTI - IBU YATMI